Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal memainkan peran penting dalam tubuh, sehingga sedikit gangguan pada ginjal dapat memengaruhi sistem yang bekerja pada tubuh. Menjaga kesehatan ginjal Anda dapat membuat perbedaan besar bagi tubuh.

Olahraga secara teratur
Menjaga tubuh tetap bugar adalah upaya untuk menjaga kesehatan ginjal karena dapat membantu mengurangi risiko penyakit ginjal kronis. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga kesehatan jantung dan dengan demikian mengurangi risiko peningkatan tekanan darah. Olahraga juga bisa mencegah penambahan berat badan.

Makan makanan sehat
Status kesehatan ginjal dipengaruhi oleh penyakit yang terjadi pertama kali, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes mellitus. Karena itu perlu mengubah kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dengan komposisi makanan seimbang. Makan sehat juga bisa membantu menjaga berat badan tetap terkendali.

Menjaga kadar gula darah
Banyak contoh kasus di mana kerusakan ginjal terjadi akibat komplikasi diabetes. Karena itu penting bagi penderita diabetes untuk secara teratur melakukan pengukuran glukosa darah. Kerusakan ginjal juga bisa dicegah dengan deteksi dini. Konsultasikan hasil tes glukosa darah Anda dengan dokter atau apoteker.

Menjaga stabilitas tekanan darah
Tekanan darah tinggi tidak hanya dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, tetapi juga kerusakan ginjal.

Kurangi konsumsi garam
Mempertahankan asupan natrium maksimum 2300 mg per hari dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah. Untuk mengurangi asupan garam, dapat membatasi konsumsi makanan olahan dan makanan cepat saji. Memasak dan menyiapkan makanan sendiri dengan bahan-bahan segar dapat mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi.

Tingkatkan konsumsi air mineral
Menurut penelitian, mengonsumsi banyak cairan membantu ginjal mengeluarkan natrium, urea, dan racun dari tubuh, mengurangi risiko penyakit ginjal kronis. Tidak ada data pasti tentang konsumsi cairan minimum per hari. Atas dasar penelitian, mengonsumsi 2 liter air mineral per hari dapat mengurangi risiko insufisiensi ginjal.

Berhenti merokok dan menggunakan alkohol
Merokok memperlambat aliran darah ke ginjal. Jika hanya aliran kecil darah yang mencapai ginjal, ini dapat merusak kemampuan untuk berfungsi dengan baik. Merokok juga dapat mengurangi risiko kanker ginjal sekitar 50%. Menghindari konsumsi alkohol juga membantu menjaga kesehatan ginjal.

Hindari Konsumsi Rutin Obat Antinyeri
Penggunaan obat anti-penghilang rasa sakit non-steroid NSAID (non-steroid) seperti ibuprofen, natrium dicophenal dan lain-lain untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Seseorang dengan ginjal sehat yang hanya menggunakan NSAID sesekali untuk menghilangkan rasa sakit mungkin tidak meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Untuk orang dengan artritis atau penyakit kronis lainnya yang perlu minum obat penghilang rasa sakit secara teratur, mereka harus memeriksa fungsi ginjal mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Inilah 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka apel merupakan bahan yang sedang populer karena berbagai macam manfaat yang ditawarkannya. Dimana bahan ini mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan yang bisa didapatkan ketika menggunakannya untuk masker, toner, dan juga bisa digunakan untuk mandi. Adapun untuk manfaat kecantikan yang bisa didapatkan dari cuka apel adalah untuk menghilangkan racun yang ada di kulit wajah, mengecilkan […]

Berikut, Cara Mengobati Penyakit Kolera. Opsi Nomor 2 Banyak yang Belum Tahu!

Dilansir dalam laman Alodokter, kolera adalah penyakit yang dibawa oleh bakteri bernama vibrio cholerae. Bakteri ini hidup pada perairan yang kotor dan masuk dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang kurang tepat dalam penanganannya (seperti mengonsumsi ikan mentah). Cara mengobati penyakit kolera harus tepat agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya seperti hipokalemia, gagal ginjal, dan […]