Berikut, Cara Mengobati Penyakit Kolera. Opsi Nomor 2 Banyak yang Belum Tahu!

Dilansir dalam laman Alodokter, kolera adalah penyakit yang dibawa oleh bakteri bernama vibrio cholerae. Bakteri ini hidup pada perairan yang kotor dan masuk dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang kurang tepat dalam penanganannya (seperti mengonsumsi ikan mentah). Cara mengobati penyakit kolera harus tepat agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya seperti hipokalemia, gagal ginjal, dan hipoglikemia.

Sebelum kita masuk dalam pembahasan cara mengobati penyakit kolera, lebih baik jika kita mengenal terlebih dahulu apa sih penyebab dan gejala penyakit kolera itu sendiri.

Penyebab utama penyakit kolera adalah permukaan air yang kotor. Bakteri vibrio cholerae penyebab penyakit kolera sangat suka dengan air-air yang sanitasinya tidak bagus. Ada pun air-air yang biasanya banyak hidup bakteri vibrio cholerae seperti air di tempat umum, sungai, dan air yang tercemar.

Sedangkan gejalanya sendiri biasanya ditandai dengan mulut mudah kering, merasa sangat haus, tampak lesu, mata terlihat cekung, dan urine yang keluar cuma sedikit atau tidak ada sama sekali.

Nah, bagaimana sih cara pengobatan penyakit kolera itu sendiri? Yuk, simak ulasannya.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit kolera ini. Pertama jalur medis dan yang kedua jalur alami.

Pada jalur medis, ada beberapa tahapan agar penderita cepat pulih.

  1. Pengembalian cairan tubuh.

Rehidrasi ini bertujuan untuk mengembalikan cairan tubuh pasien karena terus-terusan buang air dengan larutan bernama iralit. Biasanya, kotoran penderita kolera akan berwarna putih pucat seperti sisa cucian beras. Jika tidak berhasil, rehidrasi dapat dilakukan dengan menggunakan cairan infus.

  1. Memberikan antibiotik.

Antibiotik yang biasa digunakan seperti doxycycline atau azithromycin. Meskipun ini bukan pertolongan pertama. Namun, pemberian antibiotik dapat mengurangi keseringan buang air besar.

  1. Memberikan suplemen zinc.

Untuk anak-anak penderita kolera, dokter akan meresepkan suplemen zinc ini sebagai obat agar si anak tidak terus-terusan buang air besar yang nantinya menyebabkan dehidrasi.

Untuk mendiagnosis penyakit ini dokter akan mengambil sampel tinja untuk diteliti pada sebuah laboratorium.

Untuk cara pengobatan penyakit kolera secara alami pun tergolong mudah, simple, dan yang pasti tidak menguras kantong. Berikut beberapa resep yang bisa Anda coba sendiri di rumah dilansir dari laman Makassartoday.

  1. Memanfaatkan lengkuas.

Parut ¾ jari lengkuas, kemudian rebus dengan  ½ cangkir air dan madu secukupnya. Selanjutnya, obat herbal ini sudah bisa dikonsumsi. Lakukan dua hari sekali hingga sembuh.

  1. Menggunakan kelapa hijau.

Buang kulit kelapa bagian atas dan bawah lalu panaskan hingga air dalam kelapa mendidih. Selanjutnya, minum air kelapa dua hari sekali.

  1. Pakai cengkeh.

Cengkeh yang sudah kering cukup kunyah dan telan airnya. Minyak cengkeh ini baik mengoptimalkan lendir usus dan lambung sehingga proses kesembuhan semakin cepat.

Selain mengobati, kami akan memberikan tips untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kolera. Apa itu? Simak ulasannya.

  1. Air cuci tangan pastikan bersih.

Cuci tangan Anda menggunakan sabun dan sumber air yang bersih. Untuk yang sering bepergian juga disarankan membawa alkohol cuci tangan agar tangan Anda steril selalu.

  1. Pilih sayuran dan buah-buahan yang baik.

Bakteri penyebab kolera sering kali ada pada sayur dan buah. Maka dari itu, pastikan Anda memakan buah dan sayur yang sehat. Untuk sayur sendiri, pastikan Anda memasaknya benar-benar matang dan buah cuci sampai bersih.

  1. Hindari memakan ikan mentah.

Makan makanan ikan mentah bisa terkena risiko penyakit kolera karena penanganannya yang tidak bersih.

Mulai sekarang, ayo biasakan hidup sehat agar terhindar dari penyakit kolera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Inilah 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka apel merupakan bahan yang sedang populer karena berbagai macam manfaat yang ditawarkannya. Dimana bahan ini mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan yang bisa didapatkan ketika menggunakannya untuk masker, toner, dan juga bisa digunakan untuk mandi. Adapun untuk manfaat kecantikan yang bisa didapatkan dari cuka apel adalah untuk menghilangkan racun yang ada di kulit wajah, mengecilkan […]

Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal memainkan peran penting dalam tubuh, sehingga sedikit gangguan pada ginjal dapat memengaruhi sistem yang bekerja pada tubuh. Menjaga kesehatan ginjal Anda dapat membuat perbedaan besar bagi tubuh. Olahraga secara teratur Menjaga tubuh tetap bugar adalah upaya untuk menjaga kesehatan ginjal karena dapat membantu mengurangi risiko penyakit ginjal kronis. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga […]